Sunday 30 April 2017

Trik Mengatasi Usaha Percetakan Yang Sedang Sepi Pelanggan

Melihat peluang bisnis percatakan menjanjikan keuntungan cukup besar, tidak heran bila sampai hari ini banyak orang berbondong-bondong ingin menekuni usaha percetakan. Dari mulai usaha percetakan skala rumahan hingga pelaku bisnis percetakan yang mengawali usahanya dengan modal cukup besar, sama-sama ingin bersaing untuk mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

Tentu kondisi ini membuat persaingan pasar di bisnis percetakan semakin ketat, sehingga tidak
menutup kemungkinan bila diantara mereka ada yang sepi pelanggan dan ada pula yang kebanjiran orderan setiap harinya.

Nah, bagian anda yang usaha percetakannya sepi pelanggan. Disini saya akan menyampaikan beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan agar usaha percetakan Anda bisa kebanjiran order pelanggan.

Pertama, yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis percetakan yaitu cakupannya sangat besar dan tidak hanya berkutat pada bisnis cetak undangan. Untuk menyiasati persaingan yang ada, Anda bisa memilih produk–produk percetakan lain seperti misalnya brosur, kartu nama, baner, kemasan produk, dan beberapa produk percetakan lain yang memiliki pasar tersendiri di daerah Anda. Contohnya saja bila lokasi bisnis percetakan Anda berada di gang sempit, maka anda bisa memasarkan produk-produk percetakan yang banyak dibutuhkan warga setempat. Sebut saja seperti menerima cetak baner atau spanduk untuk warung-warung yang ada di sekitar lokasi Anda.

Kedua , cara menyiasti bila sepi pelanggan dan modal terbilang pas-pasan maka yang bisa Anda lakukan yaitu meminta DP atau uang muka agar produk pesanan konsumen yang sudah masuk bisa kita kerjakan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan modal awal untuk memproduksi baner, undangan, kemasan produk, atau brosur yang dipesan konsumen. Sambil perlahan-lahan Anda bisa mengumpulkan modal usaha dan siap bersaing dengan para pemain lainnya.

Ketiga, kenalkan usaha percetakan Anda ke banyak orang. Langkah ini bisa Anda jalankan dengan cara bergabung di komunitas atau organisasi bisnis khususnya dibidang percetakan, sering mengikuti seminar atau training bisnis dimana Anda bisa menyebar kartu nama dan berkenalan secara personal dengan pelaku usaha lain. Dari situlah jaringan bisnis Anda bisa mulai terbangun sehingga usaha percetakan Anda dikenal banyak orang dan mendapatkan kepercayaan penuh dari para pelanggan.

Keempat, coba lakukan strategi branding melalui media online. Mengingat sekarang ini hampir setiap aktivitas bisa dilakukan dengan mudah melalui media internet, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang ada seperti misalnya Facebook, Twi􀆩er, BBM, atau website toko online untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki

Kelima, dalam bisnis percetakan peran endorser atau orang yang merekomendasikan produk kita sangatlah penting. Jika Anda memiliki banyak endorser, maka tingkat kepercayaan calon pelanggan pun akan bertambah. Pada bisnis percetakan, adanya endorser akan memberi pengaruh pada meningkatnya orderan atau pesanan dari konsumen.

Selain kelima cara di atas, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, dan tentu perlu kejelian dan kreativitas dalam membaca pasar yang ada di kota Anda, untuk bisa tetap bertahan di tengah persaingan. Selamat Berkarya !


Share:

0 komentar:

Post a Comment