Saturday 13 May 2017

Kunci Sukses dalam melakukan bisnis Usaha Pupuk Kompos

Yang terpenting untuk diperhatikan dalam mengembangkan bisnis pupuk kompos untuk mencapai sukses, antara lain :
1.    Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, pastikan bahwa pupuk kompos melalui tahap pengeringan, pencacahan dan diayak terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Hal ini penting agar pupuk yang dihasilkan tidak berbau dan tahan lama.

2.     Usahakan agar pupuk kompos yang Anda produksi telah mengantongi sertifikasi kelayakan dari Departemen Pertanian. Untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan, Anda bisa mengajukan permohonan ke Departemen Pertanian, sedangkan untuk pengujian produk bisa dilakukan di berbagai lab kimia (contohnya di lab kimia milik universitas).

Selanjutnya untuk uji keefektifannya bisa dilakukan di Balai Pertanian daerah setempat dan terakhir mengajukan izin kelayakan jual dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Dengan sertifikasi tersebut tidak menutup kemungkinan bila produk Anda bisa menjangkau pasar nasional dan internasional.

3.     Karena subsidi pemerintah untuk kebutuhan pupuk organik masih cukup terbatas, Anda bisa menggandeng beberapa kelompok tani atau pengelola perkebunan yang setiap membutuhkan pupuk dalam jumlah besar.


4.     Mulai manfaatkan perkembangan teknologi informasi. Tidak ada salahnya bila Anda juga mulai aktif promosi melalui media online. Contohnya saja membuat website toko online untuk mengoptimasi penjualan pupuk organik. Dengan begitu, jangkauan pasar Anda bisa lebih luas lagi dan tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan penawaran ekspor ke luar negeri. Sebab saat ini tidak hanya Indonesia saja yang sedang mengembangkan pertanian organik.
Share:

0 komentar:

Post a Comment