Tuesday 25 April 2017

Slogan merek dagang berperan penting untuk menciptakan general brand di Masyarakat

Slogan merek dagang atau bisa disebut juga dengan tagline, adalah sebuah rangkaian kata kata yang mengikuti sebuah nama produk seperti Panasonic dengan tagline Ideas for life atau the power of Dream untuk Honda. Sebuah kata kata simple itu akan mengingatkan konsumen dengan brand yang dikenalkan. Karena tanpa kita sandari , keberadaan tagline produk memang menjadi salah satu alat pemasasan yang bisa memotivasi calon pelanggan untuk mendukung merek produk yang kita pasarkan. Sebagai pelaku pasar, tentu kita tak bisa asal-asalan menentukan tagline sebuah produk. Sebab, tagline yang baik harus bisa langsung dikenali calon pelanggan dan mampu mewakili betapa pentingnya produk tersebut bagi para calon pelanggan. Lantas, bagaimana caranya membuat tagline unik agar merek atau brand produk kita semakin dilirik? Berikut adalah  beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan ketika membuat tagline untuk merek produk

Pertama, sebelum membuat tagline produk, pahami terlebih dahulu siapa audiens Anda. Karena hal ini penting agar pesan yang Anda jadikan tagline produk bisa diterima dan dipahami dengan baik oleh calon pelanggan Anda. Contohnya saja seperti merek Adidas yang membidik kalangan anak muda sebagai target pasarnya lebih memilih tagline “Impossible is Nothing” untuk menggambarkan produk-produk yang mereka produksi dan menunjukan semangat anak mudah dalam membuat perubahan.

Kedua, buatlah tagline yang mampu menggugah emosi audiens. Sadar atau tidak, audiens lebih mudah termotivasi dengan tagline produk yang mampu menggugah emosi mereka. Sebab, kalimat yang bersifat emosional mampu menggabarkan merek produk yang dipromosikan dengan lebih jelas. Contohnya saja seperti kalimat “I’m lovin it” yang dijadikan sebagai tagline McDonalds walau slogan tersebut secara structure bahasa inggris menyalahi aturan hanya untuk mengambil perhatian dari para pembacanya.

Ketiga, buatlah tagline yang singkat dan jelas. Idealnya tagline produk tidak lebih dari 10 kata. Sebab, tagline yang terlalu panjang hanya akan mempersulit audiens untuk mengingatnya. Contohnya seperti tagline Panasonic yang hanya terdiri dari tiga kata yaitu Panasonic – “Ideas for Life” namun cukup melekat diingatan para audiens. Kendati tagline produk merupakan deretan kata yang tak terlalu panjang, namun pernananya sangat penting untuk bisa menanamkan merek produk Anda di hati para pelanggan. Gunakan ide-ide segar Anda untuk membuat tagline, karena tagline unik merek produk semakin dilirik. Dan akhir kata saya ucapkan selamat Berkarya!

Share:

0 komentar:

Post a Comment