Saturday 13 May 2017

Strategi Jitu Pemasaran Pupuk Kompos Organik

Target konsumen yang disasar pada peluang kompos adalah para petani dan pecinta tanaman tentunya. Bila di daerah Anda ada kumpulan kelompok tani, Anda bisa coba membuka jaringan komunikasi dengan mereka agar bisa menjadi pemasok pupuk organik di kelompok tani tersebut. Strategi pemasaran ini cukup efektif, karena satu kelompok tani umumnya membawahi beberapa anggota. Jadi, seperti istilah “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” ketika Anda berhasil menggandeng satu kelompok tani maka tidak mustahil bila Anda mendapatkan jalan kepuluhan anggotanya yang notabene adalah para petani.

Langkah berikutnya yang bisa Anda jalankan yakni menawarkan langsung ke target kosumen yang dimaksud atau bisa juga menjalin kerjasama dengan para agen, pengecer pupuk dan beberapa toko pertanian yang ada di sekitar Anda. Sistem kerjasama yang Anda tawarkan bisa berupa titip jual (konsinyasi), jual putus, ataupun sistem pre order (ketika ada konsumen yang order pupuk kompos, maka mitra akan memesannya dari Anda). Untuk satu kilogram pupuk kompos biasanya dihargai sekitar Rp 1.000,00 - Rp 1.900,00/ kg, tiap daerahnya berbeda-beda. Untuk memperbanyak jumlah produksi kompos organik, maka media pengomposan juga harus lebih dari 2 lobang bak. Demikianlah sekilas gambaran peluang usaha pembuatan kompos organik. Selamat berkarya!
Share:

0 komentar:

Post a Comment