Target
konsumen yang disasar pada peluang kompos adalah para petani dan pecinta tanaman
tentunya. Bila di daerah Anda ada kumpulan kelompok tani, Anda bisa coba
membuka jaringan komunikasi dengan mereka agar bisa menjadi pemasok pupuk
organik di kelompok tani tersebut. Strategi pemasaran ini cukup efektif,
karena satu kelompok tani umumnya membawahi beberapa anggota. Jadi, seperti istilah
“Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” ketika Anda berhasil
menggandeng satu kelompok tani maka tidak mustahil bila Anda mendapatkan
jalan kepuluhan anggotanya yang notabene adalah para petani.
Langkah
berikutnya yang bisa Anda jalankan yakni menawarkan langsung ke target kosumen
yang dimaksud atau bisa juga menjalin kerjasama dengan para agen, pengecer
pupuk dan beberapa toko pertanian yang ada di sekitar Anda. Sistem kerjasama
yang Anda tawarkan bisa berupa titip jual (konsinyasi), jual putus, ataupun sistem pre
order (ketika
ada konsumen yang order pupuk kompos, maka mitra akan memesannya dari Anda).
Untuk satu kilogram pupuk kompos biasanya dihargai sekitar Rp 1.000,00 - Rp
1.900,00/ kg, tiap
daerahnya berbeda-beda. Untuk memperbanyak jumlah produksi kompos organik, maka
media pengomposan juga harus lebih dari 2 lobang bak. Demikianlah sekilas
gambaran peluang usaha pembuatan kompos
organik. Selamat berkarya!
0 komentar:
Post a Comment