Dalam menghadapi persingan pasar dalam usaha digital printing kita harus
melihat kendala-kendala yang sudah dipaparkan dalam artikel sebelumnya yang
berjudul “Keuntungan dan kendala bisnis Cetak Digital Printing” Serta
dapat menentukan strategi atau planning apa untuk bertahan hidup dan mencapai
kesuksesan dalam bisnis ini. Strategi dan kunci suksesnya adalah sebagai
berikut;
Strategi
Pemasaran
Bagi bisnis cetak
digital, pemasaran yang sering dilakukan dengan membagikan brosur, atau pamflet
kepada masyarakat sekitar, serta memasang baliho di jalan raya dengan desain yang
sangat menarik. Selain itu Anda juga dapat memasarkannya melalui berbagai media
massa yang ada, mulai dari media cetak, media elektronik, maupun pemasaran
melalui media internet. Sesekali adakan program diskon khusus untuk menarik minat
konsumen. Publikasikan program promosi tersebut karena setiap konsumen senang
dengan adanya diskon. Semakin hemat transaksi yang mereka bayarkan, maka
semakin banyak pula konsumen yang berdatangan. Hal lain yang dapat anda lakukan
juga dengan mensponsori acara-acara yang berhubungan dengan konsumen anda
seperti pelatihan usaha, ataupun bazaar dengan memberikan pembuatan baliho atau
brosur dan pamphlet gratis untuk kegiatan mereka, sehingga anda bisa menambahkan
logo usaha anda dan mengenalkan kepada khalayak umum. Sekiranya hal ini umum
dilakukan dan tebukti cukup berhasil
Kunci
sukses dalam usaha yang satu ini
Agar kualitas produk
Anda memiliki desain yang menarik, sebaiknya cari karyawan yang memang ahli dibidang
desain. Jika perlu, Anda bisa mengikuti kursus desain untuk meningkatkan
keterampilan dalam mendesain, Anda juga bisa menambahkan inspirasi dengan
mengumpulkan berbagai design yang sedang diminati diinternet kemudian
menggabungkannya atau membuat pola yang unik sesuai dengan keinginan dari
kostumer. Kemudian beli peralatan yang diperlukan, dengan bertahap Karena
perlatan dan mesin Digital printing terhitung cukup mahal. Sehingga modal awal
yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
0 komentar:
Post a Comment