Sunday 23 April 2017

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan Tanpa Meninggalkan Pekerjaan

Sebagai seorang karyawan terkadang tidak sepenuhnya bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seandainya cukup, mungkin kamu tidak mampu membeli barang yang kamu inginkan, seperti gadget terbaru, dan lain sebagainya. Itu sebabnya kenapa banyak para karyawan yang tertarik untuk menjalankan bisnis sampingan di sela-sela kesibukannya menjadi seorang karyawan.

Menjalankan bisnis sampingan karyawan berarti bahwa kamu mengerjakan aktivitas bisnis dengan memanfaatkan waktu senggang di tengah kesibukanmu sebagai seorang karyawan. Namun, tidak mudah untuk menjalankan bisnis sampingan sambil bekerja sebagai seorang karyawan loh.

Jadi, ada beberapa hal spesifik yang perlu kamu lakukan agar bisnis sampingan yang kamu jalankan dapat meraih kesuksesan dan tidak menggangu karir kamu. Karena, keterikatanmu dengan pekerjaan utama sebagai seorang karyawan dapat menjadi sebuah rintangan sekaligus nilai tambah dalam memulai bisnis.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang dapat saya kumpulkan dalam memulai bisnis sampingan karyawan. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menjalankan, harus bisnis yang sesuai bidang yang kamu sukai. Bagi kamu yang mempunyai hobi memasak, membuka bisnis toko kue kering bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat kamu jalankan sembari menyalurkan hobi. Kegermaran  atau hobi memang selalu memberikan efek relaksasi yang menyenangkan, jadi pada saat kamu mengembangkan bisnis dari hobimu, bisa jadi hal itu akan menjadi hal yang menyenangkan sehingga kamu tidak merasa terbebani dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

Selanjutnya yang tak boleh kamu lupakan adalah bangun sistem yang efisien. Menjalankan bisnis di tengah kesibukanmu sebagai seorang karyawan bukan perkara yang mudah. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis sampingan namun memiliki keterbatasan waktu, Kamu perlu membangun sistem seperti jam kerja, system komputer, jaringan pemasaran dan lain sebagainya yang membuatmu bisa mengerjakan beberapa hal tanpa kamu terjun langsung. Namun, kamu tetap bisa memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik, efisien dan peghematan waktu yang rasional.

Hal penting lainnya yang tak bisa kamu abaikan adalah pemisahan dua pekerjaan. Saat kamu menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan, masalah yang sering dihadapi adalah ketika terjadi tumpang tindih antara pekerjaan utama sebagai karyawan dan urusan bisnis. Inilah yang perlu kamu perhatikan sejak awal, pengelolaan yang terpisah antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan. Mulailah dari step usaha, keuangan, administrasi sistem bahkan masalah pembagian pikiran serta pengelolaan tekanan kerja.

Keempat, manfaatkan fasilitas yang efektif. Cara terbaik untuk memaksimalkan waktu yang kamu miliki untuk dua bidang kerja sekaligus adalah dengan memaksimalkan setiap waktu luang yang kamu miliki. Salah satu caranya dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas di sekitar kamu demi mencapai efektivitas. Buatlah segala sesuatunya terlihat sederhana dan juga cepat.

Dan untuk Tips kelima yaitu manfaatkan asset yang dapat kamu akses dengan mudah. Saat kamu bekerja di kantor, maka bisa jadi rekan kantormu adalah asset bagimu. Contohnya apabila kamu bingung mencari pasar untuk menjual produk yang kamu jual, maka cobalah untuk menjual produk pada rekan di kantor. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Terakhir, bangun kesepahaman. Saat kamu memutuskan untuk memulai bisnis sampingan untuk karyawan, maka kamu harus mau bersepakat untuk mau mengorbankan waktu senggang kamu untuk urusan bisnis. Oleh sebab itu bicarakan dengan keluarga mengenai keputusan yang akan kamu ambil karena lama kelamaan kamu akan tenggelam dalam kesibukan, juga mungkin teman terdekatmu karena akan sedikit renggang, walaupun semua itu tinggal kecerdikan kamu untuk me-manage semua itu. Selain itu yang tidak kalah penting, kamu juga harus dapat membangun kesepahaman dengan klien kamu supaya tidak mengganggu waktu kerjamu sebagai karyawan.

Tentu menjalankan bisnis sampingan membutuhkan lebih banyak upaya dan juga pengorbanan agar bisa menjalankannya sebagai karyawan. Namun, dengan kerja keras dan juga kesungguhan, menjadi pengusaha sukses bukanlah hal yang tidak mungkin. Semoga dapat mengobarkan semangat anda. Selamat berkarya!

Share:

0 komentar:

Post a Comment