Mengikuti kemajuan
dan perkembangan zaman, kemasan produk telah bermetamorfosis menjadi sesuatu
yang bisa bisa dikatakan cukup menakjubkan. Berbagai inovasi serta teknologi
dalam dunia kemasan atau packing kini sudah berkembang sangat pesat. Hal tersebut
didasari oleh persaingan bisnis yang menuntut para produsen untuk melakukan sebuah
inovasi pada kemasan produknya sehingga menjadi lebih menarik dan diminati
konsumen.
Desain kemasan
produk adalah salah satu pemicu penjualan. Hal ini juga berkaitan dengan nilai
tambah yang
dihasilkan kemasan produk tersebut yaitu mampu mempengaruhi emosional para
konsumen dan dinilai
sangat ampuh. Oleh sebab itu, desain kemasan produk digadang-gadang
mempunyai
efek yang besar bagi minat beli para konsumen.
Nah, berikut ini
adalah cara yang tepat untuk menemukan kualitas kemasan produk Anda sehingga
bisa memikat ha_ para konsumen dan mampu meningkatkan penjualan.
Nama
Produk
Nama produk
sebaiknya Anda sesuaikan dengan produk apa yang ingin Anda jual. Nama yang
tepat bagi sebuah produk yaitu nama yang unik dan menarik, tidak terlalu
panjang, mudah diingat dan berhubungan dengan produk yang Anda jual.
Informasi
Usahakan untuk
memberikan sebuah informasi yang relevan pada kemasan produk sehingga dapat
menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Misalnya
Anda menjual produk makanan, maka Anda dapat mencantumkan nilai gizi yang tepat
yang terkandung dalam makanan dan memberikan informasi keuntungan para konsumen
dalam mengkonsumsi makanan Anda.
Warna
Yang Konsisten
Warna adalah
cerminan dari kemasan produk yang Anda jual, meskipun warna kemasan tidak harus
sama dengan warna produk. Namun, pemilihan warna untuk kemasan produk bisa
membuat konsumen menjadi tertarik pada produk Anda. Lihat juga pada pembahasan
sebelumnya tentang “Pentingnya Makna Di Balik Warna Kemasan Makanan”
Identifikasi
merk
Pastikan kemasan
produk yang Anda gunakan sesuai dengan produk yang Anda jual. Identifikasi produk
tertentu biasnya dilakukan oleh para konsumen dengan melihat kemasannya. Oleh sebab
itu, pastikan Anda membuat kemasan produk yang mudah diingat konsumen.
Kejelasan
Kejelasan adalah
salah satu faktor yang paling penting dalam membuat kemasan produk. Usahakan
untuk tidak membuat kemasan produk yang membingungkan para konsumen karena hal itu
dapat mengurangi tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk Anda sehingga penjualan
produk pun akan terganggu. Itulah beberapa efek kemasan produk terhadap
penjualan produk. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menentukan desain
kemasan yang tepat. Selamat mendesign untuk produk Anda!
0 komentar:
Post a Comment