Monday 24 April 2017

Menjalankan Bisnis Jasa, Hanya Bermodal Keahlian dan Kepercayaan

Walau secara perekembangan ekonomi dunia Indonesia tidak menempati peringkat teratas Namun secara gaya hidup Orang Indonesia memiliki gaya yang hampir sama dengan masyarakat modern. Hal ini bisa kita amati dari cara kebanyakan orang hidup dan memenuhi kebutuhan hidupnya, Dimana sekarang masyarakat mulai menikmati gaya hidup yang simple, praktis dan cenderung santai dengan memanfaatkan pelayanan bisnis jasa yang dapat memanjakan mereka. Bisnis jaya yang pada zaman dulu tidak ada, kini sudah menjadi idaman bahkan menjadi kebutuhan premier.

Perubahan gaya hidup ini terjadi hampir merata di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sehingga potensi pasar yang ditimbulkan pun sangat besar. Hal lain yang membuat bisnis jasa ini tumbuh adalah karena waktu luang yang semakin terbatas serta rutinitas yang kian padat dari masyrakat. Sehingga membuat masyarakat rela untuk mengeluarkan uang lebih hanya untuk bisa menikmati bisnis jasa yang mereka perlukan. Dari hal yang saya paparkan diatas Setidaknya ada lima peluang bisnis jasa yang kini tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat di sekitar kita, sebut saja seperti jasa binatu (bisnis laundry, jasa laundry sepatu), transportasi (bisnis antar jemput, ojek online), pendidikan (bisnis day care, les private, bimbingan belajar), property (bisnis jasa sewa rumah, jasa interior desain), dan yang terakhir bidang kesehatan (klinik kesehatan dan kecan_kan, salon and spa).


Kebutuhan-kebutuhan tersebut muncul dari permasalahan yang sering mereka hadapi dikehidupan rumah tangga sehari-hari. Bisnis jasa ini mempunyai peluang yang sangat bagus terutama di daerah perkotaan dimana Rutinitas kerja di kalangan masyarakat kota sangatlah pada dari pagi hingga sore yang tidak memungkinkan mereka untuk melakukan kesemuanya sendiri. Sehingga terciptalah inisiatif membuat usaha dalam menyediakan jasa laundry, transportasi menjadi pilihan tepat bagi permasalahan mereka. 

Dari permasalahan yang sudah saya paparkan diatas kita sudah memahami masalahnya dan tentunya sudah seharunya kita menyediakan solusi atau permasalahan itu menjadi sebuah bisnis jasa sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan dan terciptanya bisnis yang lancar. Dalam bisnis jasa ini, modal yang dibutuhkan hanyalah keahlian di bidang jasa yang ditekuni untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Dalam bisnis jasa memberikan pelayanan dan komunikasi yang baik menjadi kunci sukses dalam bisnis ini. Tentu tidak semudah yang dibayangkan, apalagi cukup banyak pemain baru yang mulai menggabungkan berbagai macam jenis pelayanan jasa dengan teknologi modern dan system pemesanan ataupun pelayanan.

Walaupun begitu, keuntungan yang diperoleh dari bisnis jasa relatif besar. Bahkan beberapa peluang bisnis jasa bisa dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal, yang dibutuhkan hanya keahlian dan niat dari sang pelaku. Berbeda dengan bidang usaha yang berbasis produksi, biasanya omzet yang didapat masih harus dihitung berdasarkan besar HPP (harga pokok produksi) setiap peaces. Berbeda dengan bisnis jasa, keuntungan yang diterima besarnya hampir sama dengan omzet yang didapat, karena biasanya biaya operasional yang dikeluarkan relatif sedikit bahkan bisa dikatakan tidak ada biaya HPP (contohnya seperti broker atau makelar).

Bagaiman? Anda sudah mulai mempertimbangkannya? Jika Anda yang ingin memulai kesuksesan di bisnis jasa, yang wajib diperhatikan adalah lakukan inovasi sesuai dengan perubahan kebutuhan, dan pastikan pelayanan jasa dilakukan oleh para ahli, dan yang terakhir tambahkan peran teknologi untuk meningkatkan pelayanan konsumen. Baca juga “Peluang Bisnis jasa Laundry Sepatu untuk pasar kelas atas

Share:

0 komentar:

Post a Comment