Walaupun sekarang
ini sudah banyak pelaku bisnis yang pintar mendesaign kemasan produknya dengan
bentuk yang unik dan menarik hati, namun tak sedikit dari mereka yang karirnya
hancur hanya karena salah dalam memilih logo produk. Seperti kita ketahui
bersama, keberadaan logo produk menjadi salah satu faktor penguat bagi merek
produk yang Anda pasarkan. Bila logo produk yang Anda buat kurang mengena dihati
para pelanggan, bisa dipastikan bahwa produk Anda tak mudah dikenali konsumen
dan tidak menutup kemungkinan bila kedepannya hanya akan tenggelam di tengah
serbuan produk-produk baru. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, ada
baiknya bila Anda menghindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para
pelaku usaha ketika membuat logo produk.
Kesalahan
pertama yaitu kurang memahami unique selling point yang
dimiliki produk Anda. Tanpa mengetahui keunikan yang terkandung dalam produk
Anda, bisa jadi logo yang Anda buat tak jauh berbeda dengan produk-produk lainnya
yang ada di pasaran.
Kesalahan
kedua yaitu kurang memperhatikan brand posisitioning.
Kebanyak pelaku binsis belum bisa memposisikan logo yang mereka buat dengan jenis
produk yang mereka pasarkan. Akibatnya, logo produk yang diciptakan kurang
sesuai dengan brand positioning yang sedang dibangun.
Kesalahan
ketiga yaitu tidak melakukan survey pasar. Sebagian pelaku
usaha mendesain logo produk sesuai dengan ide kreatif yang ada dalam benak
mereka tanpa melakukan survey pasar terlebih dahulu. Tentu cara ini tidak dibenarkan.
Sebab tanpa melakukan survey pasar, kita tak bisa mengenali siapa pesaing kita dan
bagaimana trend pasar saat ini. Alhasil, logo produk yang diciptakan tidak
sesuai dengan trend pasar yang ada saat ini.
Kesalahan
keempat, membuat desain logo yang terlalu rumit. Tak semua
desain logo yang kreatif ditampilkan dengan bentuk yang rumit. Disinilah letak
kesalahan Anda, boleh membuat logo produk yang unik namun yang perlu diperhatikan
adalah jangan sampai calon konsumen kesulitan untuk mengenal dan menghafal logo
produk yang Anda miliki.
Kesalahan
Kelima, belum mampu menjelaskan makna penting yang terdapat
pada logo. Selain membuat desain logo yang kreatif, hal penting lainnya yang
tak boleh Anda lupakan adalah mampu menjelaskan kepada calon konsumen mengenai
makna atau filosofi yang terkandung dari setiap detail logo produk yang Anda
ciptakan.
Setelah mengetahui
kesalahan-kesalahan dalam membuat logo produk, saatnya kita memperbaiki kesalan
yang ada dan menjadikan logo produk Anda tak hanya mudah dikenali konsumen
namun juga mengena di hati para pelanggan.
0 komentar:
Post a Comment