Wednesday 3 May 2017

Bulan Puasa Ramadhon membawa peluang usaha

Bulan Suci ramadhan sebentar lagi datang “Marahaban Ya ramadhon” di tahun 2017 ini. Biasanya datangnya bulan suci Ramadhan akan membawa berkah kepada para pengusaha, dengan berubahnya kebiasan masyarakat dan datangnya kebutuhan masyarakat yang melonjak tinggi pada bulan ini. Dari tahun ke tahun, Tradisi munculnya bisnis musiman di bulan ramadhan sudah sejak lama dan membudidaya. Beberapa peluang usaha yang bisa dimulai dan dijalankan pada bulan rumadhon hingga persiapan syawal. Namun sepanjang bulam ramadhon bisnis yang paling khas adalah berjualan menyediakan, lauk-pauk di sore hari, snack ringan, jajanan pasar hingga macam macam minum es. Sehingga peluang usaha inilah yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk mencoba mengais untuk dengan berjualan membuka puasa di bulan Ramadhan.

Target Konsumen
Target dari usaha musiman ini  adalah masyarakat umum yang mencari hidangan buka puasa setiap menjelang magrib tiba. Dari mulai ibu rumah tangga, para remaja, anak-anak sampai orang tua. Karena atusias masyarakat untuk mendapatkan aneka macam jenis makanan untuk berbuka adalah hasrat terbesar dari pembeli. Melihat kondisi peluang usaha inilah yang anda bisa manfaatkan dan menjanjikan untuk besar selama bulan Ramadhan.

Tips Bisnis di bulan Ramadhan
Bagi Anda yang sudah yakin akan berjualan menu buka puasa, ada beberapa point yang musti Anda ketahui sebelum memulai usaha ini:
·         Perhatikan minat konsumen yang ada di sekitar Anda. Sebelum memulai usaha, lakukan survery pasar untuk mengetahu menu-menu apa saja yang menjadi favorite konsumen cari untuk berbuka puasa. Hal ini penting agar produk yang Anda tawarkan laris manis diserbu konsumen menjelang buka puasa.
·         Persiapkan skill atau kemampuan Anda dalam memproduksi aneka macam hidangan buka puasa sejak dini, sebelum bulan puasa datang. Namun jika memang anda tidak begitu berbakat anda bisa menyewa atau bekerja sama dengan teman yang ahli dalam membuat makanan yang enak sebagai supplier bagi bisnis yang Anda jalankan.
·         Tawarkan aneka macam pilihan hidangan kepada para konsumen. Beberapa menu khs buka puasa yang banyak dicari konsumen antara lain buah kurma, es kolak, es pisang ijo, es kelapa muda, aneka jajan pasar, (kue lapis, lemper, serabi,kipo dll). Aneka macam gorengan (bakwan, mendoan, tahu, dll), dan yang tidak kalah penting adalah Lauk Pauk ( ayam, ikan, bakso, dll). Intinya semakin lengkap jualan anda semakin mudah konsumen untuk datang ke tempat anda dan kebutuhan mereka terpenuhi di satu tempat.

Semoga artikel ini bermanfaat, saya tulis jauh-jauh hari agar anda mempersiapkan dan sempat memplaning lebih matang untuk usaha anda di bulan Puasa. Semalat Berkarya!


Share:

0 komentar:

Post a Comment