Friday 5 May 2017

Menu Berbuka Puasa Yang Di Gemari Etnis Melayu

Menanti datangnya bedug magrib adalah salah satu aktifitas yang sudah membudidaya di masyarakat dengan berjalan-jalan atau mencari jajanan menu berbuka puasa. Kebiasan ini sering disebut dengan istilah Ngabuburit di Indonesia. Karena hal inilah Para pengusaha mengambil kesempatan dengan menjual aneka menu berbuka puasa yang dijajakan dipinggir-pinggir pasar dan jalan raya besar. Dan hal ini memang benar-benar telah memberikan keuntungan besar bagi pelakunya disetiap bulan ramadhan.

Namun bagi Anda yang dikelilingi oleh para etnis melayu, tahukah anda apa menu favoritnya? Orang melayu suka dengan makanan yang pedas, salah satunya seperti sajian bubur pedas yang juga merupakan makanan khas etnis melayu. Meski menjadi makanan khas etnis Melayu, namun cita rasa bubur pedas sudah cukup familiar di Kalangan masyarakat Kalimantan dan Malaysia, Jenis Kuliner ini merupakan salah satu makanan berbuka puasa yang terbuat dari olahan umbi-umbian, kentang,wortel, jagung, pisang muda,labu, serta berbagai jenis kacang.

Bubur pedas ini dimasak dengan tambahan santan dan bumbu traditional yang terdiri dari beras, rempah rempah seperti temu kunci,temu mangga, adas manis dan jintan serta daun-daunan. Selain rasanya yang menggiurkan, masakan ini juga dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan karena daun-daun dan rempah rempahnya yang dipakai dalam memasaknya. Dan salah satu keunggulan dalam cita rasanya ini adalah disajikan dalam keadaan yang masih panas sehingga rasa dari rempah rempah terasa saat melewati tenggorokan.

Beberapa kota yang menjadikan menu ini tradisi dan mudah ditemukan di bulan ramadhan adalah medan, kota-kota kecil di Sumatra utara, seperti  BInja,Tanjung paru, Deli serdang dan Tanjung Balai. Bahkan di masjid masjid terkadang menyediakan takjilan ini sebagai menu berbuka puasa mereka. Sedangkan diluar bulan Ramadhan menu ini bisa disajikan pada saat acara besar seperti pesta pernikahan warga etnis Melayu.


Semoga Informasi tersebut bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk informasi Usaha anda. Selamat berkarya!
Share:

0 komentar:

Post a Comment