Monday 21 December 2015

KERJA SAMPINGAN YANG BISA DILAKUKAN OLEH PELAJARA

Dalam kondisi perekonomian modern ini selain kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian tentunya adanya kebutuhan lain yang mulai menjadi hal yang penting bagi teman teman yang masih berada di jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan. Namun kondisi ini jangan membuat kita menyusahkan orang tua dengan terlalu banyak meminta kepada orang tua. Anda bisa menabung dari hak uang jajan anda atau kalau hal itu belum cukup maka anda sebagai pelajar harus kreatif menemuka idea-idea yang kreatif dan sehat untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan mencari kerja sampingan tanpa mengesampingkan tugas utama untuk belajar. Tentu sangat membagakan jika kita dapat memilik barang atau hal yang sangat kita inginkan. Terlebih lagi jika uang yang kita dapatkan bisa membantu orang tua.

Karena kondisi itu saying ingin berbagi idea tentang sebuah peluang kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajara. Carilah yang paling cocok dengan anda dan sesuai dengan kondisi dilingkungan anda. beberapa bisnis yang dapat anda coba sebagai berikut:
1. Memberi les privat
Khususnya bagi teman teman yang pelajar di SMA, Anda dapat memberikan pelajaran tambahan kepada beberapa pelajar yang masih duduk di bangku SD atau SMP. Pelajaran tambahan yang dapat diberikan bermacam-macam seperti matematika, bahasa inggris, serta ilmu pengetahuan alam dan sosial.
2. Menjual pulsa elektrik
Teman-teman anda di sekolah pastinya sebagian besar memiliki alat komunikasi berupa telphon gengam atau jenis gadget. Di jaman sekarang, kebutuhan seperti telepon pesan singkat dan internet sudah tidak asing lagi bagi para pelajar khususnya yang mulai menginjak remaja. Menjual pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha untuk pelajar yang dapat dilakukan secara sederhana dan modal awal yang terjangkau serta tidak mengganggu aktivitas sekolah. Untuk bisnis yang satu ini kalian musti agresif untuk bisa diterima dan kinal oleh semua murid sekolah dan guru sehingga bisa menunjang kesuksesan dalam berjualan
3. Menjadi penulis
Bagi anda yang mengikuti kegiatan jurnalistik di sekolah atau mempunyai hobi menulis, mengapa tidak anda manfaatkan hal tersebut sebagai suatu peluang untuk berbisnis? Anda dapat menjadi penulis artikel, cerpen atau novel yang bisa anda promosikan di internet. Anda juga bisa menulis sinopsis sebuah film atau buku, dan hal Siapa tahu ini merupakan langkah awal anda menjadi penulis hebat. Ingat semua penulis terkenal memulai dari sebuah tulisan yang sederhana, jadi jangan pernah remehkan tulisan apapun itu
4. Membuka bengkel motor mini
Peluang ini terutama bagi para pelajar SMK yang memiliki kemampuan perbengkelan seperti mengganti ban, ganti oli, dan memasang lampu. Anda dapat bekerja sama dengan beberapa orang  atau teman anda dalam membuka usaha ini. Dengan begitu, pekerjaan anda akan menjadi lebih mudah. Anda bisa membuka bengkel tersebut di sore hari setelah pulang sekolah. Selain itu ini juga bisa meningkatkan keterampilan anda agar menjadi terbiasa dan terlatih sehingga akan memudahkan saat sudah lulus nanti. Jangan pernah malu untuk mengaplikasikan ilmu anda, justru memulainya dari dini sejak sekolah akan membantu ketrampilan anda setelah lulus nanti. Dan kalau seandainya gagal, maka orang akan mewajarkan karena itu ajang belajar. Perkara modal dan barang anda bisa mendiskusikan dan membuka relasi ke bengkel lain atau toko besar.
5. Membuka bisnis kuliner
Para pelajar jurusan tata boga di sekolah kejuruan pastinya dapat melihat bisnis ini sebagai salah satu peluang usaha untuk pelajar yang dapat dijalankan. Bisnis kuliner yang dijalankan mulai dari yang sederhana terlebih dahulu seperti membuka sebuah kedai kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman seperti kebab, hotdog, burger, dan minuman bersoda. Sekali lagi jangan pernah remehkan kekuatan yang sederhana, karena teman teman musti tahu banyak yang suskes dibisnis ini walau dimulai dari iseng atau tugas sekolah.
6. Jasa penginstalan aplikasi dan UPDATE SOFTWARE 
Jika anda mempunyai hobi yang berhubungan dengan hal ini, anda bisa menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang dapat menguntungkan anda. Promosikan bahwa anda membuka jasa beberapa penginstalan aplikasi yang cukup banyak dipakai di jaman sekarang seperti photoshop, coreldraw, dan office (word, excel, powerpoint) serta dapat mengupdate software laptop seperti windows 7 dan windows 8. Saya masih banyak menemui beberepa anak smk jurusan teknik perangkat lunak belum bisa menginstall, ingatlah seriuslah dengan pelajaran kalian, karena pelajaran ini bisa menghasilkan uang. Jangan pernah malu menawarkan jasa, dan kalau terjadi masalah yang belum diketahui kan anda bisa membawa ke guru anda untuk sebuah pelajaran baru
7. Menjual kue
Di sela-sela pergantian pelajaran, jam istirahat atau jam kosong, anda bisa membawa beberapa jenis kue seperti kue sus atau risoles dan menjajakannya kepada teman-teman sekelas anda. Peluang usaha untuk pelajar ini dapat dilakukan dengan mudah dan modal terjangkau. Modal yang paling dibutuhkan adalah jangan malu. Kalau perlu masuk kantor tawarkan ke guru-guru dan TU.
8. Jasa pembuatan desain kaos
Di sekolah tentunya ada beberapa klub seperti klub basket, jurnalistik, dan klub kegiatan sekolah lainnya. Biasanya mereka membutuhkan identitas untuk klub mereka seperti misalnya kaos seragam. Nah, jika anda mempunyai kemampuan dalam hal mendesain baju, anda bisa membuat beberapa desain dan menawarkannya kepada klub tersebut. Sasaran utama dari bisnis ini adalah para komunitas-komunitas atau gang.
9. Bisnis Fotokopi
Membuka sebuah fotokopian kecil di sekolah tentunya akan sangat bermanfaat bagi para siswa.Peluang usaha untuk pelajar yang satu ini bisa anda lakukan untuk menambah uang saku anda. Tetapi tentu saja fotokopian tersebut tidak bisa anda jaga sepanjang jam sekolah karena anda juga harus mengikuti pelajaran. Sebagai alternatif, anda bisa menjaganya saat jam istirahat dan pulang sekolah. Walaupun ini membutuhkan modal yang cukup besar tapi anda bisa mengatisipasi dengan mencari donator atau pemberi modal dengan system bagi hasil.
10. `Menjual alat tulis dan peralatan sekolah lainnya
Anda dapat membuka sebuah koperasi kecil-kecilan di kelas yang menjual berbagai macam alat tulis seperti pensil, spidol, bolpoint, buku tulis, dan penggaris. Teman-teman anda pasti akan tertarik membeli pada koperasi anda dibandingkan dengan membeli di luar lingkungan sekolah. Atau juga bisa dengan peralatan assesoris hp dsb, melihat kondisi dan trend di lingkungan sekolah anda saja.

Jika anda seorang pelajar dan berminat untuk menjalani salah satu dari bisnis di atas, maka saya sarankan secepatnya, jangan takut malu untuk pertama mencoba karena itu hanya akan bertahan 1 sampai 3 bulan saja. Perlu diingat para wirasusahawan suses semuanya memulai dari dini. Bahkan warren buffet orang terkaya didunia nomer satu sudah memulai bisnis ketika masih di kelas sd. Kegagalan itu sesuatu yang wajib, maka raihlah kegagalan sedini mungkin untuk direnungkan dan dipelajari sehingga ketika sudah pada umur dewas kita tinggal memetik kesuksesannya saja. Semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Post a Comment