Thursday 17 December 2015

PELUANG USAHA BISNIS ON LINE BAGIAN 2


 
          Bagi kawan kawan yang sudah membaca artikel berjudul peluang usaha bisnis on line bagian 1 pasti sudah tahu, kemarin kita bahas tetang apa saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi peluang yang lain. Langsung saja kita mulai.

6. Menyediakan jasa desain grafis
Nah peluang usaha ini bagi kawan kawan, yang sudah mahir dengan yang namanya corel Draw atau maupun si Photoshop. Perlu diketahui Seorang graphic designer profesional bisa mendapatkan penghasilan lebih dari $100ribu per tahun (sekitar Rp 1 milyar). Tapi mereka yang profesional tentunya sudah punya banyak pengalaman dan portofolio dalam bidang bisnis anda (PENGALAMAN DAN REPUTASI). Ingat jangan pernah bayangkan bisnis on line bisa dibangun dalam sehari.
Nah Bagi kawan yang masih pemula, alangkah bijaknya kita bisa menjual jasa desain grafis di beberapa marketplace seperti ini:
·         Sribu – desain logo Indonesia
·         99designs – desain logo (dll.) internasional
·         Fiverr – berbagai pekerjaan ringan, termasuk desain grafis mulai dari $5
Sebagai penyedia jasa desain grafis, peluang kerja anda tidak terbatas wilayah. Bentuknya biasanya lomba design , namun lama kelamaan anda terbiasa dan berpengalaman dalam bidang itu akan menuntun ada juga bisa mendapatkan klien dari luar negeri sekalipun. Dan untungnya yang bergabung dalam web tersebut juga kebanyakan pemula. Jadi anda akan mendapatkan lawan yang seimbang.

7. Tidak ingin jasa desain? Jual stock desain grafis
Beberapa orang memang pada dasarnya tidak suka menjual jasa atau mungkin karena prisip hidup. Ok, Kalau anda termasuk tipe orang seperti ini, menjual stock bisa jadi alternatif yang menarik anda. Stock itu semacam template yang siap dikustomisasi dan siap pakai. Misalnya template Photoshop atau Illustrator, template presentasi, template logo, atau icon. Ketika seseorang membeli stock anda, maka dia bisa menggunakan desainnya untuk keperluan apapun.
Berikut beberapa tempat menjualnya:
·         GraphicRiver
·         CreativeMarket
·         IconFinder (khusus menjual icon)
Di komunitas di GraphicRiver ada forum yang isinya orang-orang Indonesia, kalau anda ingin melihat pengalaman-pengalaman mereka coba  ke forumnya masuk ke forumnya.

8. Membuat dan menjual produk informasi
Apa itu produk informasi? Produk informasi adalah produk yang isinya tetang informasi atau lebih tepatnya kumpulan informasi dalam satu bidang tertentu yang dikupas dengan detail dan lengkap. Nah betuk produknya disini bisa berupa buku, e-book atau audio. Masih belum ada gambaran? Begini diinternet anda bisa mendapatkan begitu banyak informasi berkualitas dari banyak sumber dari satu bidang tertentu. Dan kalau anda mencari manual pasti anda cukup lelah, nah kita menyediakan kumpulan informasi bisa berupa kumpulan artikel tetang kesehatan dari semua web yang kita anggap valid dan bagus dikumpulkan dan dibuat produk baik berupa buku atau video. Pasti kawan pernah menemui beberapa buku di toko buku yang isinya tidak jauh dari beberapa artikel dari blog. Atau paling gampang dibuat e-book dan anda bisa menjualnya. Kalau e book yang paling laris seperti kumpulan soal cpns dsb.
Kemudian misal produk video, kita ambil saja tema fitness yang berisi gerakan dalam berolahraga yang anda bisa dapatkan dengan mudah di youtube atau web sejenisnya. Produk informasi jauh lebih mudah dibuat daripada produk fisik, maka anda yang tidak berpengalaman sama sekali pun bisa membuat.
Jika masih ragu dan bertanya apa mungkin ada yang mau membeli? Tentu jawabannya ada. Ini dunia sangat komplek, berisi berbagai macam manusia. Ada yang super sibuk tidak bisa mengumpulkan informasi yang begitu banyak bertembaran di internet. Nah mereka memilih untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan lebih mudah dari anda tentunya
Beberapa alas an mereka mau membeli adalah:
·         Pertama, karena isinya lebih mendalam daripada sekedar artikel di blog.
·         Kedua, karena panduannya lebih terstruktur dan lengkap. Dari A ke B ke C sampai Z.
Dan dari beberapa kasus hal ini menjadi cukup popular, tapi seperti hal yang saya tekankan, bisnis dinternet butuh kesabaran. Saya bisa mengatakan pasti laku tapi butuh waktu. Yang paling penting butuh usaha untuk membuatnya laku keras jangan Cuma sekedar laku.
Beberapa langkah Untuk membuat produknya:
1.      Temukan bidang keahlian anda. Anda tidak akan bisa membuat produk yang berkualitas tanpa memiliki pengetahuan yang memadai
2.      Temukan apa permasalahan terbesar orang-orang dalam bidang tersebut
3.      Buat solusinya dalam bentuk ebook, video, atau audio
Tidak cukup sulit kan.
Untuk proses lebih detailnya nanti saya jelaskan di artikel selanjutnya kalau sudah ada waktu luang lagi. Dan saya tekankan kawan, membuat dan menjual produk informasi tidak sulit dan merupakan salah satu peluang usaha terbaik dengan bermodal kemampuan computer koneksi internet. Kalau anda memang ahli pada suatu topik, tidak sulit untuk membuat produknya. Tantangan terbesar justru adalah menjual produk anda.
Contoh permasalahannya begini:
Umumnya tidak ada orang yang mau membeli panduan dari orang yang belum punya reputasi. “Memangnya anda siapa, kenapa saya harus percaya informasi dari anda?” Oleh Karena itulah sebagian besar penjual produk informasi ini memiliki blog.
Saya sertakan beberapa tempat untuk menjual produk informasi yang dapat membantu anda:
·         Clickbank
·         Guides.co
·         Ratakan
·         Jualio
·         Gumroad
·         Di blog/website sendiri
·         Di marketplace (seperti no. 2)
Dari web diatas ada yang saya garis bawahi:
Jualio terbilang masih baru dan saya pribadi belum pernah mencoba, tapi dari apa yang saya analisis sepertinya sangat mudah dan berpeluang berjualan di sana. Jadi coba pertimbangkan menggunakan Jualio untuk produk dalam negeri.
Sedangkan untuk menjual ke luar negeri, gunakan Gumroad. Menjual di website sendiri jauh lebih baik apabila anda sudah punya reputasi dan produk yang berkualitas karena menjual di pasar/marketplace berarti produk anda dicampur dengan produk lain yang kualitasnya rendah. Akan tetapi jika baru memulai di web tanpa traffic yang baik di web anda, bisa bisa produk anda tidak dilihat orang.

9. Menjadi guru dengan membuka kursus online
Ok ini bisa buat sambian para kawan kawan yang kuliah dari FKIP untuk sambian. Tapi memang juga tidak harus dan tidak perlu jadi guru sungguhan. Artinya yang penting anda punya kemampuan atau sesuatu untuk diajarkan. Saat ini, baik di luar negeri maupun di Indonesia kursus online sangat populer. Ini karena prosesnya lebih mudah dan dengan kursus online anda bisa mendapat lebih banyak murid.
Dalam kursus offline misalnya, biasanya si guru mengulang-ulang materinya setiap kali mengajar ke kelas baru. Tapi karena ini dilakukan dengan online, jadi kursusnya bisa direkam sekali dan kemudian ditaruh di website. Yup,,,, bukan ini bukan produk informasi. Beda kawan, hanya mirip. Maka dari kemiripan itu cara memulainya sama dengan produk informasi. Tapi tentu ada perbedaannya.
Tapi ada sedikit perbedaan:
Beberapa perbedaannya adalah Karena bentuknya kursus, maka panduan yang anda berikan dibagi menjadi beberapa sesi yang diberikan di hari-hari yang berbeda. Seminggu sekali, misalnya. Selain itu dalam kursus online biasanya ada sesi tanya jawab. Atau interaktif langsung dari pemakai jasa atau produk.
Beberap penyedia jasa ini untuk mulai menjual kursus online:
·         WordPress + plugin Zippy Courses
·         Fedora
·         Udemy
·         Guides.co

10. Menjual foto royalty-free
Ok, bagi kawan kawan yang suka photografi alias yang biasa nenteng DSLR kemana mana sambil nyari cewek cantik untuk dibidik tolong merapat. Hehehe. Dalam beberapa kasus misalnya di mana ada bisnis atau acara perusahaan atau mungkin sebuah pertunjukan music akan melakukan show, akan tetapi mereka membutuhkan beberapa photo yang sedang bermain gitar untuk dijadikan poster dan tidak bisa mendapatkan photos sendiri mereka cenderung untuk membeli license yang sekali pakai, beda dengan diindonesia yang tinggal comot dari google dipakai buat acara resmi, hehehe. Para pengguna jasa ini mempertimbangkan terlalu mahal untuk menyewa photographer personal dan tidak ingin berhubungan dengan hasil professional yang sudah punya nama karena liscensinya terlalu rumit sehingga muncullah peluang ini.
Licence yang sekali pakai ini disebut Foto royalty-free ,adalah foto yang bisa kita gunakan untuk keperluan apapun setelah satu kali membeli lisensinya. Sama seperti stock desain grafis, tapi foto. Foto-foto yang berkualitas dari fotografer seperti ini banyak dibutuhkan oleh pemilik website dan pembuat konten seperti dalam contoh tadi. Karena itulah peluang usaha ini sangat menarik untuk anda yang hobi fotografi.
beberap tempat untuk menjual foto royalty-free:
·         iStockPhoto
·         ShutterStock
Peluang ini hanya untuk anda yang memiliki skill dan perlengkapan fotografi profesional, karena kualitas foto anda harus top. Walaupun begitu ada juga yang membeli foto hasil dari kamera iPhone, walau tidak begitu sering terdengar


Share:

0 komentar:

Post a Comment