Saturday 19 December 2015

7 Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil

Usaha sampingan adalah sesuatu hal yang lumrah dilakukang untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup mapan. Namun, masih jarang sekali bagi beberapa pekerja kantoran atau swasta yang memulai usaha sampingan sebagai pemasukan untuk ekonomi keluarga dengan alas an karena modal.
Dalam pemikiran masyarakat umum banyak yang berpendapat usaha itu harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Karena hal itulah, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Kemungkinan besar, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.
Nah, karena kita berbisnis sampingan bukan untuk menambah masalah namun untuk membantu mengurangi permasalahan makan saya ingin berbagi beberapa peluang usaha sampingan yang hanya perlu modal kurang lebih Rp.10jta.

1. Jasa Laundry

Gaya hidup di jaman sekarang menuntut serba praktis. Mereka yang berkantong cukup ingin semua didapatkan secara instan tanpa usaha, maka hal itu membuka banyak peluang usaha kecil untuk memenuhi kebutuhan pasar salah satunya adalah dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi Anda yang ingin memulai jasa laundry.
hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dalam peluang usaha ini adalah pangsa pasar atau lingkungan anda ingin membuka usaha laundry. Sebaiknya cari tempat yang lingkungannya banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar dalam bisnis jasa ini. Dengan demikian, tidak mengherankan kalau keuntungan yang akan Anda peroleh sebesar 15%-25%  dengan (asumsi tarif laundry Rp4.000 s.d Rp6.000 per kilogram).
Untuk urusan modal, Anda cukup punya uang Rp10 juta. Malahan,  beberapa pembisnis laundry, Anda bisa memulainya dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah mesin pengering. Dan Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan karena ini usaha sampingan tentunya anda harus mempunyai pegawai, untuk gaji seorang pegawai (Rp500 ribu s.d Rp1 juta per bulan).

2. Menjual pulsa elektrik

Yang ini adalah usaha sampingan yang sangat umum kita ketemui yaitu Menjual pulsa dalah ide bisnis yang menjajikan karena meningkatnya pengguna telepon seluler. Beberapa seorang pebisnis pulsa yang sukses di Jakarta memiliki omset Rp20 triliun setahun tapi ini mungkin pembisnis besarnya. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak merepotkan.
Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang Anda sediakan tidak banyak, yaitu berkisar dari Rp1 juta s.d Rp3 juta. Calon konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.untuk lebih kreatif lagi anda bisa mencari downline dalam bisnis ini. Misal anda menawari anak sekolah untuk menawarkan pulsa ke teman temannya dengan bagi hasil yang sama-sama menguntungkan. Improvisasi dalam bisnis ini mejadi kunci suksesnya.

3. Menjual makanan untuk sarapan

Menyediakan makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sarapan pagi untuk keluarga maupun dirinya sendiri karena padatnya aktifitas mereka. Menariknya lagi, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam, antara lain bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan. Jika Anda sudah berkeluarga, menu tersebut mudah dibuat, bukan?
Modal yang perlu Anda untuk memulai usaha ini sekitar Rp4 juta per bulan. 80% uang tersebut untuk membeli bahan, misalnya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi. Dengan modal sebesar itu, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta per bulan.

4. Jasa cuci motor

Saat ini hampir setiap rumah memiliki motor, dan tidak setiap orang bisa meluangkan waktu untuk mencucinya. Mengapa tidak Anda coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.
Dilihat dari sisi modal, Anda cukup memiliki Rp2juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Dan modal lebih besar, kisaran (Rp10 juta) jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih rofessional. Alokasinya adalah Rp2 juta untuk sewa tempat, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.

5. Jual beli motor bekas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya dampak kepemilikan motor yang mulai menjadi umum juga membuka peluang untuk usaha Jual beli motor bekas bisa Anda coba untuk memulai bisnis sampingan. Selain tidak merepotkan, usaha sampingan ini memiliki supply dan demand yang besar. Faktanya, menurut majalah Kontan, penjualan motor Honda untuk bulan Maret 2015 mencapai 386.000 unit .Kekurangan usaha ini adalah banyak motor yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu, dan hasil curian, jadi harus cukup jeli dan harus berhati hati untuk bisnis satu ini.
Untuk memulai jual beli motor, Anda tidak mesti memiliki modal besar. Bahkan, Anda tidak perlu modal uang jika Anda bergerak sebagai makelar. Cukup dengan modal kepercayaan saja, Anda bisa meraup sejumlah keuntungan. Misalnya, motor bekas milik tetangga Anda tawarkan ke sejumlah rekan kerja Anda. Dengan system yang sama sama menguntungkan tentunya. Anda bisa menambahkan harganya atau mendapat komisi dari yang minta tolong untuk menjualkan.
Jika pun harus mengeluarkan modal, mulailah dengan membeli motor bekas di bawah Rp10 juta. Dengan modal tersebut, Anda bisa memiliki dua motor bebek bekas yang siap dijual. Untuk masalah kisaran harga, sesekali pantau harga motor bekas secara online.

6. Membuat warkop sederhana

Ide bisnis sampingan lain yang bisa Anda coba adalah membuat warung kopi (warkop). Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri. Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan Anda bisa menjualnya seharga Rp4.000. Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus.
Kemudian jika tempatnya strategis dan mendukung, warkop sederhana ini bisa Anda perbesar nantinya jika omsetnya terus bertambah. Dengan demikian, bisa jadi anda menjadi yayank s sahara II yang sukses berbisnis kedai kopi sekelas, kedai kopi merek ternama.
Masalah modal awal ? Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 juta. Uang tersebut sebagian besar dialokasikan untuk membeli sejumlah peralatan (gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain) dan menyewa jika lokasi yang ingin digunakan bukan tempat anda..

7. Jasa di bidang komputer


Bagi anda yang bekerja dikantoran pasti sudah tidak asing dengan program aplikasi coreldraw dan photoshop. Jika anda mempunyai kemampuan dan ahli dibidang aplikasi yang satu ini , anda juga bisa membuat usaha jasa untuk pembuat design atau yang lainnya. Salah satu kata dari actor favorit saya “ if you are good at something, never do it for free”. Jika anda berfikir tidak akan ada tetangga anda atau orang dilingkungan anda yang membutuhkan jasa tersebut anda bisa melakukan keahlian dibidang tersebut dan menjualnya secara on line.
Share:

0 komentar:

Post a Comment