Friday 18 December 2015

PELUANG USAHA BISNIS ON LINE BAGIAN 4

Lansung saja tanpa bosa basinya. Peluang usaha bisnis on line bagian 4 sebagai berikut

16. Menulis dan menerbitkan ebook (atau buku asli)
Meskipun bisnis ebook  sudah kita bahas pada artikel sebelumnya dalam peluang bisnis informasi, tapi yang dimaksud di sini sedikit berbeda. Selain menjual dalam pemasaran sendiri, kita juga bisa menerbitkan ebook secara resmi. Siapapun, dengan sedikit kemampuan menulis dikolaborasikin dengan kemampuan mengumpulkan informasi dan menatannya tentunya.
Anda dapat memulainya dengan menggunakan KDP (Kindle Direct Publishing) dari Amazon. Topik buku yang anda tulis pun bisa dalam kategori apapun, fiksi maupun non-fiksi. Buku sederhana dalam situs tersebut biasanya memiliki panjang 5000 kata dan dijual seharga $2.99. Untuk setiap penjualan, kita akan mendapatkan royalti sebesar 35% atau $1.05 dari harga buku kita tersebut.
Beberapa orang yang sudah sukses dalam bisnis ini adalah Spencer Haws dari Niche Pursuits yang mendapatkan penghasilan sebesar $1,315 (sekitar Rp 15 juta) sebulan dari penjualan ebook di Kindle.Tapi bagaimana kalau kita tidak bisa menulis buku Bahasa Inggris? Anda masih bisa menerbitkannya di NulisBuku.
Dengan NulisBuku anda bisa mengirimkan naskah dan menerbitkan buku yang akan dicetak setiap kali ada sebuah pesanan. Jadi model bisnis ini tidak memiliki resiko, cukup bermodal tulisan.

17. Menjadi virtual assistant
Virtual assistant sendiri merupakan istilah yang masih luas. Tapi mempunyai makna yang sama dimina anda bertugas membantu seseroang dalam keperluan bisnisnya. Ruang lingkup pekerjaan asistent virtual adalah sebagai berikut:
·         Penulis
·         Desain grafis
·         Riset
·         Editing
·         Copywriting
·         Manajemen social media
·         Translasi
·         Programming
·         Input data
·         dsb.
Bedanya dengan yang sudah disebutkan dalam artikel artikel sebelumnya adalah pola kerjanya. Kasus contoh apabila anda menjadi penyedia jasa desain grafis, berarti anda dibayar per project. Seperti layaknya asisten sungguhan, virtual assistant biasanya bekerja dengan 1 orang untuk pekerjaan yang berulang. VA dengan status freelancer di UpWork mendapatkan bayaran dari $10 hingga lebih dari $50 per jam kerja. Tergantung dari spesialisasinya.

18. Pelatihan atau konsultasi
Dengan memiliki sebuah blog yang populer, anda bisa menjual jasa anda dalam bentuk pelatihan atau konsultasi perorangan. Seandainya belum mempunyainya blog mungkin anda harus mulai cepat-cepat belajara ngeblog. Karena dari beberapa pembaca iM ada yang meminta konsultasi, meskipun website atau blognya belum cukup lama.
Beberapa pembaca PanduanIM yang meminta layanan konsultasi, meskipun umur website ini sendiri belum terlalu lama. Karena diluar sana masih banyak yang newbie di bisnis internet ini. Konsultasi langsung, apalagi privat, merupakan jenis jasa yang mampu mendapatkan penghasilan paling tinggi untuk tiap pertemuannya. Jadi kalau anda belum punya blog, segera buat sesuai dengan keahlian anda dan lihat hasilnya.

19. Membuat website dengan keanggotaan premium
Membuat membership website berarti kita menyediakan konten premium yang artinya hanya bisa diakses ketika seseorang sudah membayar untuk jadi anggota. Umumnya pembayarannya berbentuk langganan bulanan atau tahunan. Tidak terlalu sulit juga untuk membuatnya.
Kasus contoh Sebuah blog WordPress ditambah plugin saja sudah cukup untuk mendapatkan penghasilan hingga ratusan ribu dollar per tahun dari membership.
2 alternatif plugin-nya:
•           WishList Member (berbayar)
•           s2Member (gratis)
Beberapa cara dalam menyajikan konten premium untuk member adalah.
Pertama, misalnya seperti SmartInsights yang memberikan konten yang hanya bisa diakses bagi anggota berbayar dengan harga mulai dari $59/bulan.
Non-anggota hanya bisa membuka sebagian konten.
Kedua, dengan model seperti WPSites yang membuka semua akses tutorial WordPress secara gratis tapi dengan membeli keanggotaan berbayar seharga $37/bulan mereka bisa melakukan tanya-jawab langsung.

Contoh ketiga dari forum premium StackThatMoney.
Situs tersebut berupa komunitas yang hanya bisa diakses oleh member yang sudah membayar sebesar $99/bulan. Selain konten tutorial, mereka juga bisa berdiskusi dengan orang lain.

20. Menjadi penyedia jasa web development
Hampir Sama seperti pembahasan desain grafis sebelumnya, dimana dengan menjadi web developer yang profesional anda juga bisa mendapatkan penghasilan di atas rata-rata tentunya. Akan tetapi tidak semuanya dimulai dari proyek yang besar kan. Kalau anda berminat untuk menjadikannya pekerjaan sampingan memulailah freelance dalam situs seperti dibawah ini:
 UpWork
Projects.co.id
Dalam kedua website di atas terdapat banyak job pembuatan website dari ukuran kecil dengan budget di bawah 1 juta hingga besar dengan budget lebih dari 100 juta. Mana yang cocok untuk anda?


Share:

0 komentar:

Post a Comment