Jaga reputasi
online anda, bahkan jika bisnis Anda tidak berhasil. Kendalikan bagaimana dunia
online memandang bisnis Anda, dan melindungi cara kerja anda.
Sebelum
Internet menghubungkan seluruh dunia, reputasi bisnis Anda adalah sesuatu yang Anda
bangun, tidak teratur. Dampak dari keluhan pelanggan Anda tidak bisa
memperbaiki itu dari lingkup terbatas. Saat ini, Internet bertindak seperti
sebuah lensa yang memperbesar setiap cela, yang dirasakan penghinaan dan
kesalahan-dan kemudian menyiarkan dengan pengeras suara.
Konsumen
beralih ke web untuk penelitian praktis segala sesuatu sebelum mereka membeli,
dan satu terik review di Yelp dapat menjadi virus dan membatalkan semua yang
telah dicapai. Lebih buruk lagi, yang mempengaruhi bisa menghantui garis bawah Anda
selama bertahun-tahun. Mengelola reputasi Anda adalah sesuatu yang Anda tidak
mampu untuk abaikan.
Pertimbangkan
ini. Blog, forum dan situs ulasan anonim dapat memberikan konsumen suara yang
kuat, yang bukan hal yang buruk. Tapi mereka juga dapat menarik komentator dan
pengulas yang dapat bertindak atas perintah dari pesaing Anda. Kecuali Anda
secara aktif memantau dan mengelola reputasi bisnis Anda, Anda membuka jalan
bagi orang lain untuk masuk dan bercerita. Dan itu cukup banyak dijamin bahwa
cerita tidak akan memiliki akhir yang bahagia.
Dalam
sebuah artikel di Usaha Kecil Computing, Michael Zammuto, presiden Brand.com,
menawarkan pemilik usaha kecil saran tentang bagaimana melindungi reputasi
online mereka.
Jangan
Abaikan Internet
Riset online
adalah raja, dan pemilik usaha kecil hanya tidak mengenali pentingnya. Bahkan
bisnis yang tidak ada hubungannya dengan dunia online dapat menemukan
reputasinya dioleskan di Internet. Bisnis Anda mungkin tidak bergantung pada
internet, tetapi pelanggan-dan Anda, serta pesaing-online Anda. Apa yang mereka
katakan tentang Anda?
Langkah
pertama adalah untuk melakukan sedikit riset online sendiri. Ketik nama anda
dan perusahan anda di google dan lihat hasil
apa yang muncul. Kemungkinan Anda akan terkejut dengan hasilnya.
Tahu
Apa yang Anda Kontrol
Ketika
pelanggan potensial meminta untuk tahu lebih banyak tentang bisnis Anda, hal
itu mungkin tampak masuk akal untuk merujuk mereka ke situs review online.
Jangan lakukan itu. Secara sederhana, Anda tidak dapat mengendalikan apa yang
orang katakan tentang Anda di situs tersebut. "Sebuah bisnis tidak akan
pernah membeli sebuah billboard dan membiarkan orang lain menulis di
atasnya," kata Zammuto.
Sebuah
kursus yang lebih baik dari tindakan: fokus pada peningkatan peringkat Anda
dalam hasil pencarian Google. Posting artikel dengan informatif, konten yang
bermanfaat yang membantu pelanggan Anda. Berbagi keahlian Anda dan membuat diri
Anda sumber terpercaya bagi pelanggan Anda. Mungkin butuh sedikit lebih lama,
tetapi hasilnya akan bernilai usaha Anda.
Jagalah
Reputasi Anda Sendiri
Anda bisa
membayar sebuah perusahaan manajemen reputasi, atau Anda dapat menyimpan banyak
uang dan menggunakan alat-alat dan layanan gratis untuk membantu Anda melacak
reputasi perusahaan Anda. Google Alerts, tweetbeep, Naymz, Mention Sosial, dan monitorthis
hanyalah beberapa contoh.
Jika
Anda memilih untuk menyewa sebuah perusahaan manajemen reputation, menghindari
perusahaan yang menciptakan beberapa account Twitter dan microsites membanjiri
Web dengan umpan balik yang baik dan konten positif tentang perusahaan Anda.
Google mengerutkan kening atas orang-taktik meragukan, dan Anda berisiko jatuh
terjal ke bawah peringkat hasil pencarian.
0 komentar:
Post a Comment